Tips mengetahui keaslian kulit material sepatu, tas, dompet, dan jaket


Apakah sepatu anda kulit asli?
Pertanyaan itu sering sulit dijawab oleh pemakai sepatu kulit. “Kata orang jualnya sih asli”, mungkin hanya kalimat itulah yang bisa terlontar dari pengguna sepatu, tas, dompet dan jaket kulit pada umumnya. Ane sebagai pengguna sepatu kulit pantofel udah dua kali kena tipu pedagang sepatu. Bilangnya asli kulit, eh ternyata. Baru dipake sebulan udah pecah permukaannya. Sampai sekarang ane blacklist tuh toko.
Setelah itu ane sharing ama teman ane yang emang prudusen sepatu. Menurut dia ada 2 cara untuk mengetahui kulit atau tidaknya material sepatu, tas, dompet dan jaket kita:

  • Dibakar dengan korek api atau mancis. Cara ini sudah lazim digunakan oleh para pedagang yang menjual produk berbahan kulit. Bakar sedikit permukaan material kulit selama 2 – 3 detik. Setelah itu diamkan. Kalau materialnya kulit, permukaan akan panas dan sedikit berminyak. Kalau permukaannya mengelupas tandanya materialnya bukan kulit (sintetis/imitasi).
  • Menekan permukaan material dengan kuku anda. Apabila bagian permukaan material yang anda tekan tetap berbekas seperti lekukan kuku anda maka material tersebut adalah kulit. Apabila pemmukaan material yang anda tekan tidak berbekas dan kembali kebentuk semula maka material tersebut adalah sintetis/imitasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s