Cara KERAMAS yang baik dan benar!


Mungkin bagi anda sekalian berpikir saat memasuki post ini, apa sih susahnya keramas !?
BETUL!! Menggunakan shampo itu sangatlah mudah, tapi dibalik itu banyak hal-hal yang perlu diperhatikan saat kita menggunakannya
Yuk kita bahas apa saja trik dan tips dalam menggunakan shampoo

APA SIH SEBENERNYA SHAMPO ITU?

Sampo merupakan sebuah sabun cair yang digunakan untuk perawatan rambut, mencuci rambut dan kulit kepala agar dapat memembersihkan minyak, debu, serpihan kulit, dan kotoran lain dari rambut. Sampo biasanya yang terbuat dari campuran bahan – bahan alami (tumbuhan) atau zat-zat kimia. Pengertian lain dari sampo yaitu sediaan yang mengandung surfaktan dalam bentuk yang cocok berguna untuk menghilangkan kotoran dan lemak yang melekat pada rambut dan kulit kepala tidak membahayakan rambut, kulit kepala, dan kesehatan si pemakai.
Kata sampo sendiri berasal dari bahasa Hindi champo, bentuk imperatif dari champna, “memijat”. Di Indonesia dulu sampo dibuat dari merang yang dibakar menjadi abu dan dicampur dengan air.

SHAMPO ADA BANYAK MACAM NYA YA?

YA! Sampo dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsinya

Sampo untuk rambut diwarnai dan dikeriting
Sampo ini sangat cocok untuk rambut yang dicat atau diberi warna atau dikeriting karena rambut cukup menderita dengan masuknya cairan kimia hingga ke akar rambut. Hal ini bisa memengaruhi kondisi kesehatan rambut. Sampo jenis ini lebih lembut sehingga cocok untuk rambut yang telah melalui proses kimiawi.

Sampo untuk memperjelas ( clarifying shampoo )
Biasanya sampo ini mengandung acid atau asam yang didapat dari apel, lemon atau cuka yang berfungsi untuk menghilangkan residu atau sisa produk perawatan semacam creambath, foam, hairspray, wax, gel, dan produk lainnya yang tertinggal di kulit kepala. Jenis sampo ini sangat cocok digunakan saat rambut akan melalui proses kimiawi agar rambut dan kulit kepala benar-benar bersih. Dengan demikian proses kimiawi yang digunakan pada pengeritingan atau pewarnaan dapat diserap dengan baik. Karena unsur acid mengurangi minyak maka jenis shampo ini dapat membuat rambut menjadi kering jika digunakan terlalu sering. Jadi sebaiknya anda gunakan hanya satu kali seminggu.

Sampo penambah volume
Jenis sampo ini mengandung protein yang membuat rambut terlihat lebih berisi atau tebal. Bila dipakai terlalu sering maka akan terjadi penumpukan residu atau sisa sampo sehingga mengakibatkan rambut terlihat tidak bersih. Jika rambut termasuk jenis rambut yang halus, lepek atau tidak mengembang, tipis maka bisa digunakan jenis sampo ini. Tetapi sebaiknya dihindari penggunaan yang terlalu sering.

GIMANA SIH CARA PAKE SHAMPO YANG BAIK DAN BENAR?

1. Langkah pertama, basahkan rambut dengan air. Sangatlah penting untuk memastikan bahwa rambut kita sudah cukup basah dan merata.
2. Pijat kulit kepala. Memijat kepala kita dapat menstimulasi aliran darah ke kulit kepala agak rambut kulit kepala lebih sehat.
3. Sampo rambut anda. Rambut biasanya hanya membutuhkan satu kali keramas, tetapi jika debu polusi sangat tebal, bilas, lalu keramas untuk kedua kalinya.
4. Bilas rambut anda. Sangatlah penting untuk memastikan bahwa tidak ada sisa sampo yang tersisa karena ini dapat menyebabkan kulit kepala anda kering dan menyebabkan kulit kepala terasa gatal.
5. Tambahkan conditioner. Peras air yang ada di rambut anda secara perlahan. Sebarkan conditioner secara merata ke rambut anda, lebih baik lagi jika menggunakan sisir.
6. Bilas kembali. Bilas rambut anda dan pastikan tidak ada yang tersisa. Terakhir gunakan air dingin untuk menutup pori-pori dan membur rambut anda lebih bersinar.
7. Keringkan rambut secara merata. Ketika mengeringkan menggunakan handuk, jangan di gosok terlalu keras, karena bisa menyebabkan rambut kusut dan merusak kutikula rambut.

BERIKUT TIPS DALAM MENGGUNAKAN SHAMPO

– Untuk mengurangi rambut rontok, sisir rambut anda sebelum mandi.
– Sampo bekerja maksimal di rambut yang sangat basah dan conditioner bekerja maksimal di rambut yang tidak terlalu basah.
– Belilah shampo yang cocok untuk tipe rambut anda.
– Selalu basahkan semua rambut anda sebelum keramas, karena jika tidak rambut anda akan kelihatan kusam dan tidak bersinar.
– Selalu bersihkan sampo sebelum memberikan conditioner karena jika tidak rambut anda akan lebih murah kasar.
– Jangan basahkan rambut anda setiap hari, itu menyebabkan rambut anda kering.
– Ketika membasahkan rambut anda, siram dengan air hangat. Setelah keramas dan memberikan conditioner siram dengan air dingin dan anda akan mendapatkan efek rambut yang bersinar.

HAL PENTING YANG HARUS DIPERHATIKAN

– Pastikan untuk menutup mata, atau mata anda akan merasa mata pedih atau iritasi
– Jika anda alergi sampo, cari sampo yang lebih simple yang bahan kimianya lebih sedikit. contoh: sampo bayi. Jika masih punya keluhan, hubungi dokter.
– Hindari air panas, itu akan merusa rambut anda.
– Jangan menyisir rambut basah. Gunakan sisir yang bergigi lebar jika anda memang harus menggunakan sisir saat rambut masih basah. Rambut basah akan melebar dan mudah patah.
– Gunakan cuka putih untuk membuat kulit kepala anda tetap sehat, tapi jangan gunakan terlalu banyak karena itu bisa menyebabkan rambut anda rusak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s