10 hal yang tidak boleh dilakukan ketika merawat bayi


Dalam merawat bayi itu tidak boleh sembarangan, karena bayi itu perlu perawatan yang lebih teliti. Dan banyak hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadapa perawatan bayi. Mengenai hal-hal yang patuh di hindari dalam merawat sang buah hati seperti :

Mengguncang Bayi
Karena akan berbahaya pada otak dan bisa menyebabkan kematian..
Jangan Suka Mengguncang Bayi karena Itu Berbahaya

Menyunat bayi perempuan.
Biasanya dalam adat istiadat yang mengwajibkan bayi perempuan untuk disunat, tapi perlu diketahui ternyata menyunat bayi perempuan tersebut tidak baik, karena kelat mempengaruhi kepekaan terhadap seksual saat anak tersebut dewasa. Biasanya dokter yang diminta menyunat bayi perempuan hanya sekedar membersihkan bagian klitoris saja dan tidak ada pemotongan.

Menutup pusar dengan koin.
Menekan pusar dengan koin umunya dilakukan supaya pusar bayi tidak bodong. Pada hal ini malah mengundang timbulnya infeksi karena pusar yang baru saja putus dan belum terlalu kering dan sempurna. Dalam kondisi ini tidak bisa ditutupi dengan koin dipusar, tapi perlukan tindakan medis dulu.

Membedaki area seputar Mrs. V.
Bagi bayi perempuan ,setelah membersihkan bagian Mrs.V bayi dengan air, jangan menaburkan bedak disekitar daerah tersebut walaupun kelihatan kering, karena kurang tepat atau kurang baik karena akan mengenai sekitar vagina dan akan mengotori akibatnya menyebabkan infeksi saluran kencing.

Mengorek putih-putih di Mrs.V.
Bagi bayi perempuan, baru lahir kerap ditemui putih-putih menyerupai gel yang menempel pada bagian dalam vagina, tepatnya disekitar klitoris. Ini terjadi karena bayi lahir masih dipengaruhi hormone si ibu. Biasanya ibu akan membersihkannya dengan cotton bud dan mengoreknya, lebih baik dibersihkan dengan air hangat. Karena itu nanti akan hilang sendiri. Kalau dikorek akibatnya akan melukai bagian klitoris.

Mengorek telinga.
Membersihkan telinga bayi tak perlu mengorek sampai bagian dalam telingan, cukup bagian daun telinga saja, karena telinga sebenarnya mempunyai mekanisme mengeluarkan kotoran alias akan keluar sendiri, jadi jangan khawatir kalau kotoran akan sampai mengumpal dan menyumbat telinga, kecuali ada penyebab tertentu, misalnya infeksi telinga.

Membersihkan putih-putih di lidah.
Putih-putih dilidah disebabkan oleh sisa ASI atau susu formula yang menempel. Membersihkan ya tidak perlu menyikat atau gosok-gosok dengan kuat, tapi lakukan dengan kain kassa dan pakai telunjuk tangan dan air putih, karena akan merusak permukaan lidah bayi apabila dilakukan dengan sikat.

Menggunakan sarung tangan.
Sarung tangan biasanya digunakan untuk menghangatkan bayi, juga membngkus kuku-kuku bayi yang panjang yang bisa menggores muka atau bagian bayi lainnya.baiknya sarung tangan tidak dipakai lagi setelah 1 bulan, karenapada sat sebulan bayi sudah mampu mengontrol suhu tubuhnyajadi tidak perlu takut kedinginan.karena pemakaian sarung tangan akan menghambat tubuh kembangnya. Jadi kalau kiki yang panjang ibu lebih baik memotongnya dengan gunting khusus bayi. Itu akan lebih baik.

Melilitkan gurita terlalu kencang.
Anggapan bahwa pemakaian gurita terlalu kencang akan membuat perut bayi kempis atau tidak buncit, tetapi itu salah karena perut bayi yang buncit itu akan hilang sendiri.karena pemakaian gurita pada bayi akan membuat bayi sesak dan menghambat perkembangan pertumbuhan organ disekitar rongga dada dan perut.

Memberikan pisang dan nasi.
Bila bayi belum 6 bulan jangan memberikan pisang dan nasi. Karena sistim pencernaan bayi belum sempurnakarena hanya mampu menerima asupan susu. Perlu diketahui usus bayi baru lahir belum memiliki enzim yang mampu mencerna karbonhidrat dan serat-serat tumbuhan yang begitu tinggi. Dan bisa membuat sumbatan pada usus atau diare berlebihan pada bayi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s