Persiapan menanggulangi ban bocor/robek


Kalian mungkin pernah ngerasain ban motor bocor kena paku dsb, bhkan sampai lubangnya besar/ ban dalam robek sehingga tidak bisa ditambal lagi. kesal? itu pasti. kalo anda mengalaminya di perkotaan, pasti tak akan sulit untuk menemukan tukang tambal ban. tapi bagaimana jika sedang touring atau mudik, berada di tempat terpencil yang tidak ada tukang tambal ban? pasti capek kalau harus mendorong berkilo2 meter..

I. alat2 yang dibutuhkan
1. ban dalam cadangan, boleh 1 atau 2 (beli di toko onderdil/bengkel motor)
2. alat pemompa ban portable
3. alat penyongkel ban, 2 batang (bikin di tukang las) bisa juga pake obeng minus 2 buah, tapi harus yang panjang+kuat
4. alat pencopot pentil ban (beli di toko onderdil/ bengkel motor, harga 5rb-an)
5. kunci2 yang dibutuhkan untuk membongkar ban, minimal 1 kunci inggris dan 1 kunci ring yg berukuran sesuai baut di as roda motor agan, serta kunci2 lainnya yang dibutuhkan, seperti kunci L, pas, tang dll
6. khusus untuk skywave,nouvo,dan xeon, serta motor2 matic lain yang menggunakan double swing-arm, dan belum mempunyai parking brake lock, alat ini dibutuhkan, yaitu karet gelang berantai yang dibikin sendiri
7. alat2 lainnya yang sekiranya dibutuhkan untuk mengganti ban, yang ini sesuai kebutuhan aja
8. tas pinggang / bagasi paralon, untuk menyimpan barang2 tsb, semua masuk kok ke tas pinggang. tapi sebaiknya barang2 tsb dikresekin dulu sbelum dimasukin ke dlm tas, biar gak kena air kalo kehujanan.
9. air minum. siapa tau haus

II. cara pengerjaan

a. jika ban depan bocor
– ganjal bagian bawah motor pake pompa injak (sebagai dongkrak)
– pasang kunci inggris di baut as roda yang satu, pasang kunci ring di baut as roda yang satunya lagi, lalu putar sampai mur terlepas
– lepaskan as roda, lalu copot roda dari shockbreakernya. (hati2 ketika mencopot, siapa tau ada part yang jatuh kemudian hilang)
– lepas penutup pentil ban, lalu copot pentil ban dengan alat pencopot pentil ban.
– lepas mur di pentil ban dengan kunci pas
– congkel ban dengan alat penyongkel ban yang satu, kemudian tahan, lalu congkel sisanya pake alat penyongkel ban yang satunya sedikit demi sedikit sampai pinggiran ban tercongkel semua
– keluarkan ban dalam, lalu simpan untuk ditambal kalo udah ketemu tukang tambal ban. tapi kalo lubang terlalu besar, ban robek, sekiranya udah gak bisa ditambal lagi, buang aja, toh gak bisa dipake lagi
– ambil ban dalam baru. lalu lepas tutup pentil di ban dalam baru tsb, kemudian lepas 1 mur di pentilnya (kan biasanya ada 2 mur numpuk tuk)
– pasang ban dalam baru, sampai pas dan sempurna, sampai pentil ban dalam terpasang di lubang pentil velg, lalu pasang mur pentil (yang tadinya dilepas) ke pentil ban dalam baru tsb.
– congkel lagi ban sampai masuk ke velg dgn penyongkel ban yang satu, tahan, lalu penyongkel ban yang satunya lagi masukin bannya ke dalem velg, yah mirip2 lah caranya kaya pas nyongkel ban keluar
– pasang kembali roda tsb ke shockbreaker, cara pemasangan tau lah ya gan
– lepaskan pompa injak dari bawah motor, lalu pompa ban tsb.

misalnya ban dalem yang berlubang masih bisa ditambal en agan simpen, kalo ketemu tukang tambal ban langsung ditambal, tapi kalo ban agan dibuang karena udah parah, kalo ketemu toko ban ato apa lah yang jual ban dalem, agan beli ban dalem lagi, untuk persiapan kalo kena paku lagi. (hih amit2 deh). tapi kalo mau lebih aman lagi, baiknya agan bawa ban dalem lebih dari satu.

b. jika ban belakang bocor

b1. untuk motor matic ber double-swing-arm (skywave,xeon,nouvo, dll)
sebelumnya saya minta maaf karena tips ini buat skywave, karena motor ini lah salah satu yang tersulit membongkar ban belakangnya, sama seperti xeon dan nouvo. tapi kalo kalian pemakai motor sport dengan standar tengah, motor bebek, apalagi matik tanpa double swing arm, pastinya lebih mudah. tips ini mirip2 lah kalo buat xeon dan nouvo, tapi kalo beda mohon dimaafkan

– kendorkan baut pengencang silincer knalpot dgn kunci ring
– lepas pegangan knalpot ke swing-arm dengan kunci L kalo pada skywave, lalu lepas knalpotnya. kalo pada motor lain menyesuaikan
– lepas baut di swing-arm dan shockbreaker dgn kunci ring, pas, atau inggris, yang mana saja yang bisa dipakai
– kencangkan setelan rem belakang dengan kunci pas dan/atau tang, kemudian tarik handle rem belakang, lalu tahan/ikat/ganjal dengan karet berantai yang sudah agan buat dirumah.
– pasang kunci inggris di baut as roda belakang, lalu tangan agan yang satu pegang & tahan velg agar tidak bergerak, tangan yang satunya mendorong kunci inggris dengan spontan dan cepat agar baut lepas. kalo masih agak berat, agan duduk di belakang motor, pegang velg motor dgn kedua tangan, kemudian dorong dgn spontan dan cepat kunci inggris tsb dgn kaki agan, sampai mur besar di as roda terlepas.
– lepas mur as roda, kemudian lepas swing-armnya.
– ganti ban dalam dan pasang lagi part2nya.

b2. untuk motor sport ber standar tengah dan untuk motor bebek
berhubung saya gak punya motor2 ini, CMIIW ya cara membongkarnya sama seperti membongkar ban depan, tapi gak perlu dongkrak, terus kayaknya rantainya harus dilepas juga

b3. untuk motor matik tanpa double swing-arm
yang ini sangat mudah, kayaknya gak perlu ane jelasin, semua udah di atas.

III. kelebihan dan kekurangan

+sangat aman kalo lagi touring, daripada cuma bawa alat tambal ban/pake tire guard, kalo ban dalem robek udah pasrah

-ribet, mesti bawa2 tas pinggang, tapi sebaiknya kalian bawa tas pinggangnya kalo mau bepergian jauh, kalo cuma dalam kota sih simpen aja tas pinggangnya

IV. tips & penjelasan tetek mbengek

1. sebaiknya belajar mbongkar dulu di rumah, kalo udah mahir, baru siap touring
2. hati2 saat membongkar, jangan sampai ada part yang hilang, karena di kejadian yang sebenernya, kalian akan membongkar ban di tempat yang terpencil…
3. tips ini juga bisa untuk sepeda, tapi caranya agak beda, yaitu kalo sepeda, pas mau ngelepas roda, sepedanya dibalikin
4. tips ini bukan buat mobil, soalnya mobil kan punya ban serep, kalo ban pecah juga kan tinggal diganti pake roda serep, udah keisi angin dan gak perlu dipompa lagi,

THX….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s