Penerima Nobel yang ternyata “TERKENA GANGGUAN JIWA”


John Forbes Nash, Jr (lahir 13 Juni 1928) adalah seorang matematikawan Amerika yang bekerja di permainan teori, geometri diferensial, persamaan diferensial parsial dan telah memberikan wawasan ke dalam angkatan yang mengatur kesempatan dan acara di dalam sistem yang kompleks dalam kehidupan sehari-hari. Teori-teorinya digunakan dalam ekonomi pasar, komputasi, biologi evolusi, kecerdasan buatan, akuntansi, politik dan teori militer. Melayani sebagai Senior Research matematika di Princeton University selama bagian akhir hidupnya. Kisah Hidupnya sekarang sudah di filmkan dengan Judul Film “A Beautiful Mind”

John Nash adalah penerima Nobel tahun 1994 dalam Ilmu Ekonomi, namun asalkan anda tahu ternyata dia adalah seorang yang mengidap penyakit “Schizophernia”

Tanda – tanda gangguan jiwanya

Ketika Nash telah bekerja dan berkeluarga, Nash mulai menunjukkan tanda-tanda paranoid ekstrim kepada istrinya, ia sering membicarakan tokoh bernama Charles Herman (teman sekamarnya di wisma kampus semasa ia kuliah) yang kembali ia temui ditempat kerjanya dan William Parcher (agen rahasia pemerintah) yang sering menemuinya di tempat kerja, di masa perang dingin Amerika – Rusia, William Parcher memberinya suatu misi rahasia pemerintahan yang menempatkan dia dalam bahaya. Nash menganggap semua orang yang mengenakan jas hitam dan berdasi merah adalah mata2 dari Rusia yang mengancam jiwanya, serta semakin membuat tingkah laku Nash ketakutan. Dikarenakan tingkahlakunya yang semakin hari semakin aneh, istrinya pun memutuskan untuk menyelidiki siapakah Charles Herman dan William Parcher tersebut, ia menelepon ke Princeton University untuk menanyakan identitas dari Charles Herman teman sekamarnya dulu, dan diketahui bahwa selama John Nash berkuliah, dia hanya tinggal sendiri di kamar wisma dan tidak memiliki teman sekamar. Kemudian istrinya pun menanyakan tentang sosok William Parcher kepada teman – teman sekantornya, dan tidak seorang pun yang mengenal, mengetahui ataupun melihatnya. Kesimpulannya adalah Nash mengalami halusinasi yang sangat nyata dengan menganggap halusinasi tokoh2 tersebut adalah orang orang yang nyata, padahal dalam keadaan sebenarnya tokoh2 tersebut hanya sekedar halusinasi

Pengobatan yang harus dia jalani

Pada tahun 1961, Nash dikirim ke Rumah Sakit Jiwa Negara Bagian New Jersey di Trenton. Selama sembilan tahun berikutnya, ia menghabiskan waktu di rumah sakit tersebut, di mana, selain menerima obat antipsikotik, ia diberikan terapi insulin kejut. Meskipun ia telah meminum obat-obatan sesuai yang dianjurkan, Nash menulis bahwa hal itu hanya menjadikan ia depresi. Setelah tahun 1970, ia berkomitmen untuk menolak semua pengobatan dalam bentuk apapun dari rumah sakit. Nash sembuh secara bertahap dengan berlalunya waktu. Kesembuhan yang diterima oleh Nash bukanlah kesembuhan yang sesungguhnya, dalam kehidupan nyata ia tetap melihat sosok Charles Herman dan William Parcher, namun dia memilih untuk mengabaikan eksistensi mereka baik suara ataupun kehadiran mereka. Didorong oleh mantan istrinya itu, de Larde, Nash kemudian bekerja dalam lingkungan komunitarian mana eksentrisitas nya diterima. De Larde kata Nash, “itu hanya masalah hidup yang tenang” dan mulai bisa menjalankan kehidupan seperti orang normal.

Biarpun dia mengalami gangguan jiwa, ia bisa mendapatkan banyak prestasi

Pada tahun 1978, Nash dianugerahi John von Neumann Teori Hadiah untuk penemuan kesetimbangan non-kooperatif, sekarang disebut kesetimbangan Nash.
Ia memenangkan Leroy P. Steele Hadiah pada tahun 1999.

Pada tahun 1994, ia menerima Nobel Memorial Prize dalam Ilmu Ekonomi (bersama dengan John Harsanyi dan Reinhard Selten) sebagai hasil kerja teori permainan sebagai mahasiswa pascasarjana di Princeton.
Pada akhir 1980-an, Nash mulai menggunakan email untuk berkomunikasi dengan orang – orang yang menekuni bidang matematika dan menyadari bahwa ia adalah John Nash, dan bahwa pekerjaan barunya memiliki nilai. Mereka membentuk bagian dari inti kelompok yang menghubungi Bank komite penghargaan Nobel dan Swedia mampu menjamin kesehatan mental kemampuan Nash untuk menerima penghargaan sebagai pengakuan atas karya awalnya.
Pada 2011 karya terbaru Nash melibatkan usaha dalam teori permainan canggih, termasuk lembaga parsial, yang menunjukkan bahwa, seperti di awal karirnya, ia lebih suka untuk memilih jalan sendiri dan masalah. Antara 1945 dan 1996, ia menerbitkan 23 penelitian ilmiah.

Dia memiliki pandangan psikologi evolusioner canggih tentang nilai keragaman manusia dan potensi manfaat perilaku ternyata tidak standar atau peran.

Nash telah mengembangkan penelitan tentang peran uang dalam masyarakat. Dalam teorema framing bahwa orang bisa begitu dikontrol dan termotivasi oleh uang bahwa mereka tidak dapat alasan rasional tentang hal itu,.

Nash menerima gelar kehormatan, Doctor of Science dan Teknologi dari Carnegie Mellon University pada tahun 1999, sebuah gelar kehormatan di bidang ekonomi dari University of Naples Federico II pada tanggal 19 Maret, 2003; Gelar doktor kehormatan di bidang ekonomi dari University of Antwerp pada bulan April 2007, dan pembicara di konferensi tentang Teori Permainan. Dia juga menjadi pembicara tamu produktif di sejumlah acara kelas dunia, seperti KTT Ekonomi Warwick pada tahun 2005 diselenggarakan di University of Warwick.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s