Apa persamaan antara Cengkeh, Mafia dan Freddie Mercury? Jawabannya: tiga-tiganya ada (atau pernah ada) di Zanzibar, sebuah wilayah semi-otonom di negara Tanzania. Kok bisa? Ya.. tentu saja bisa, karena cengkeh merupakan tanaman yang banyak terdapat di Zanzibar.

Selama ini, Zanzibar memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil cengkih terbesar di dunia. Bahkan cengkeh jenis zanzibar begitu terkenal di negeri kita dan banyak dibudidayakan oleh para petani di Sulawesi dan Maluku. Lalu bagaimana dengan Mafia? Hmm…yang pasti Mafia di sini bukanlah komplotan penjahat seperti di Sisilia melainkan nama sebuah pulau yang terletak di sebelah selatan Kepulauan Zanzibar. Freddie Mercury? Ahhh…kalau yang ini nanti saja ada lanjutan ceritanya di bawah.… Yang jelas, Zanzibar adalah negeri indah yang memiliki begitu banyak kemiripan dengan negeri kita. Selain itu, Zanzibar menyimpan banyak fakta unik dan menarik. Nah, mau tahu apa saja kemiripan dan fakta unik tersebut? Yuk, melintas sejenak ke Zanzibar lewat tulisan berikut:

Zanzibar dan sejarahnya

Zanzibar adalah sebuah kepulauan di sebelah timur pesisir Afrika, yang termasuk dalam wilayah Tanzania. Zanzibar terdiri dari dua pulau besar: Zanzibar (atau Unguja) dan Pemba beserta sejumlah pulau kecil lainnya. Awalnya, Zanzibar dihuni oleh imigran bangsa Persia dari Shiraz. Nama Zanzibar berasal dari dua kata dalam bahasa Persia: ‘Zangi’ yang bermakna hitam dan ‘Barr’ yang bermakna daratan, jadi setelah dua kata itu digabungkan artinya adalah ‘Daratan Orang Hitam’. Zanzibar pernah dikuasai oleh Portugal pada 1503. Tahun 1698, Kesultanan Oman menguasai Zanzibar. Selanjutnya pada 6 April 1861, di tengah konflik perebutan takhta Sultan Oman, Kesultanan Oman pecah menjadi dua bagian: Sayyid Majid bin Said Al-Busaid (1834/5-1870) memimpin Kesultanan Zanzibar, dan saudaranya, Sayyid Turki bin Said Al-Busaid (1832-1888), memimpin Kesultanan Oman. Status Zanzibar kemudian berubah menjadi salah satu protektorat Inggris Raya. Inggris melantik seorang wazir sebagai pemimpin Zanzibar pada 1890 hingga 1913, lalu resident hingga 1963.

Zanzibar merupakan pusat perdagangan manusia di kawasan timur Afrika selama abad ke-17 hingga 19, semasa dikuasai Kesultanan Oman. Sultan Hamoud bin Mohammed, di bawah pengaruh Inggris, kemudian menghapus perdagangan tersebut. Tahun 1964 pecah sebuah revolusi berdarah di Zanzibar di mana pada saat itu terjadi kekacauan politik yang memicu sejumlah penduduk kulit hitam menggulingkan Sultan Zanzibar. Dalam revolusi yang bernuansa anti-SARA itu sedikitnya 20.000 penduduk keturunan Arab dan India tewas dibantai. Sejumlah besar lainnya dipaksa keluar dari Zanzibar.

Fakta Menarik tentang Zanzibar

* Masyarakat Zanzibar menggunakan bahasa Kiswahili (Swahili) sebagai bahasa sehari-hari. Bahasa Swahili yang merupakan salah satu bahasa terbesar di Afrika dan dipakai di sejumlah negara di pesisir timur benua Afrika diyakini berasal dari Zanzibar. Nama ‘swahili’ berasal dari kata bahasa Arab ‘sawahil’, yang berarti “penghuni pantai”.

* Kebudayaan Zanzibar dipengaruhi oleh unsur-unsur Persia, Arab, Portugis dan Afrika. Bangunan-bangunan unik di Zanzibar antara lain: rumah Livingstone, Jembatan Guliani, dan Rumah Keajaiban (House of Wonders), sebuah istana kediaman Sultan Barghash pada 1883.

* Perang Anglo-Zanzibar antara kesultanan Zanzibar dan Inggris Raya yang berkecamuk di tahun 1896 dikenal sebagai perang paling singkat di dunia. Perang pecah setelah Sultan Khalid bin Bargash menolak menyerahkan tahtanya kepada Sultan Hamud bin Muhammed yang merupakan boneka dari pemerintah kolonial Inggris. Di pagi hari 27 Agustus 1896, istana sultan mulai dibombardir oleh tentara Inggris yang memiliki persenjataan lebih lengkap. Hasilnya: Sultan Khalid menyerah dan melarikan diri padahal perang baru berlangsung selama 45 menit! Rekor ini masuk dalam catatan Guiness World of Record. Wah…andai saja perang ini terjadi di lapangan sepakbola, mungkin di 45 menit kedua Sultan bisa menyamakan kedudukan

* Zanzibar adalah salah satu negara berdaulat penuh yang berumur singkat: hanya 5 bulan saja! Pada 19 Desember 1963, Zanzibar merdeka dari Inggris dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional yang dipimpin oleh seorang Sultan. Januari 1964, Sultan Zanzibar digulingkan dalam revolusi berdarah dan bentuk negara diubah menjadi republik. Pada 26 April 1964, presiden pertama Republik Zanzibar, Abeid Amani Karume memutuskan bergabung dengan Republik Tanganyika di Afrika daratan untuk membentuk sebuah negara baru dengan nama Tanzania. Kini, status Zanzibar hanyalah sebuah wilayah semi-otonom dari Tanzania yang memiliki presiden sendiri.

* 41 tahun setelah bergabung ke dalam Republik Tanzania, Zanzibar untuk pertama kalinya mendeklarasikan bendera nasional sendiri pada 12 Januari 2005.

* Saat masa-masa awal revolusi, para pemimpin politik Zanzibar sempat berafiliasi ke sejumlah negara komunis Blok Timur seperti Uni Soviet dan Jerman Timur. Negara terakhir ini bahkan sempat memberikan bantuan berupa pembangunan apartemen Michenzani di Stone Town.

* Freddie Mercury, vokalis grup rock terkenal asal Inggris, Queen, lahir di Zanzibar pada 5 September 1946 dengan nama Farrokh Bulsara. Orang tua Freddie sebenarnya adalah keturunan Persia yang berasal dari Gujarat, India, namun karena bekerja untuk pemerintah kolonial Inggris, maka mereka berpindah ke Zanzibar. Saat terjadi revolusi berdarah 1964, keluarganya mengungsi ke Inggris dan sejak itu menetap di sana. Walaupun Freddy Mercury dan Queen dianggap sebagai ikon musik rock Inggris, namun kritikus musik dunia mengakuinya sebagai musisi rock pertama yang berasal dari Asia. Sayang, sang ikon sudah wafat pada 24 November 1991 silam karena AIDS. Freddie Mercury punya adik perempuan yang bernama Kashmira.

* Zanzibar dulunya adalah daerah penghasil cengkeh terbesar di dunia sebelum ‘dikalahkan’ oleh Indonesia pada era 1970-an. Kini, Zanzibar hanya menduduki peringkat ketiga dalam hal penghasil cengkeh terbesar di dunia setelah Indonesia dan Madagaskar.

* Stone Town adalah ibukota dari Zanzibar. Kota yang masuk dalam salah satu cagar budaya PBB ini sangat unik karena dianggap sebagai kota yang masih mencerminkan peradaban kuno Afrika. Dinamakan Stone Town (Kota Batu) karena sebagian besar pemukiman di sini terlihat seperti terbuat dari batu. Padahal tidak demikian, karena bangunan-bangunan tersebut sebenarnya terbuat dari tanah liat.

* Zanzibar adalah kawasan pertama di Afrika yang memperkenalkan siaran televisi berwarna pada 1973.

* Kera Colobus Merah yang sangat langka hanya hidup di Zanzibar.

Kemiripan antara Zanzibar dan Indonesia

* Zanzibar dan Indonesia merupakan wilayah yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Jika di Indonesia persentasenya sekitar 86%, maka di Zanzibar persentasenya 97%.

* Walaupun luas wilayahnya tidak sebesar Indonesia, Zanzibar sangat multi etnis karena penduduknya merupakan percampuran dari suku Arab, keturunan India dan warga pribumi kulit hitam.

* Sejak dahulu, Zanzibar dijuluki oleh bangsa Eropa sebagai ‘kepulauan rempah-rempah’. Julukan serupa juga disematkan bangsa Eropa pada Kepulauan Maluku. Bau harum rempah inilah yang mendorong bangsa Eropa melakukan penjelajahan yang di kemudian hari karena keserakahan berubah wujud menjadi ‘penjajahan’.

* Sama dengan Bali dan Bunaken, Zanzibar yang beriklim tropis sangat mengandalkan sektor pariwisata sebagai sumber pendapatannya. Keindahan pantai pasir putih dan pemandangan bawah laut di Zanzibar menarik banyak wisatawan untuk datang ke sana.